Oleh: yukez | Mei 15, 2014

Kebugaran Tubuh :Beres-beres dirumah juga sama dengan olahraga?


https://i1.wp.com/www.eieihome.com/Custom/Upload_files/images/woman%20cleaning%20house.jpg

volarefm.blogspot.com

Beres-beres dirumah itu bukan olahraga saudara-saudari. Itumah kurang kerjaan..oupsss..becandaaa kok. Beres-beres dirumah itu pekerjaan mulia, tidak semua dr kita memiliki waktu untuk beres-beres di rumah atau mengerjakan pekerjaan rumah. Biasanya ketiadaan kesempatan tersebut karena kesibukan belajar, sibuk kuliah atau sibuk bekerja. sekalinya ada waktu liburan ..mau beres-beres rumah bawaannya malesss. Pernah mengalami itu?

 

Nh bagaimana dengan Ibu rumah tangga yang tiap hari kerjaannya beres-beres di rumah? apa itu bisa di sebut olahraga? hmm..bukan..mengerjakan pekerjaan rumah tangga tidak akan mampu membuat badan jadi bugar itu bukan olahraga. justru ibu rumahtangga harus berolahraga seperti senam aerobik, jogging (lari) berenang dll. Untuk apa? ya unhtuk meningkatkan kebugaran. jadi..kalau kita teratur berolahraga, atau ibu rumahtangga sering berolahraga maka ketika mengerjakan pekerjaan rumah ia tidak akan mudah merasa lelah, ketika lelah kemudian istirahat sebentar, akan cepat kembali bugar. itulah rahasia berolahraga.

 

Dengan berolahraga secara teratur misalnya seminggu 3 x akanh mampu meningkatkan kemampuan tubuh dan organ organ tubuh, meningkatnya kemampuan tubuh inilah yang di sebut dengan kemampuan jasmani. Tubuh yang bugar karena kapasitas paru-paru menyimpan oksigen lebih banyak. Ibarat tangki bahan bakar. kalau tangkinya besar maka kendaraan mau dipakai kemanapun gak perlu khawatir kehabisan bahan bakar. berbeda dengan kendaraan yang tangkinya kecil, dia akan sering kehabisan bahan bakar dan tiap-tiap harus sering amampir ke pom bensin bukan? seperti itulah ilustrasi dr kinerja jantung dan paru paru kita. semakin sering berolahrag maka kapasitas paru paru menangkap dan menyimpan oksigen semakin banyak, jantungpun akan semakin kuat memompakan darah keseluruh tubuh. sehingga ketika kita melakuakn aktifitas apapun…kita tidak akan mudah merasa cepat capek atau mudah lelah. nah ibu-ibu rumahtanggapun akan mampu mengerjakan pekerjaan rumahtangga dengan enjoy tanpa kelelhana yang berarti. jadi memasak, nyuci, ngulek sambel, nyetrika melayani suami, mengurus anak, akan dikerjakan dengan cepat dan tanpa lelah. Trus bagaimana dengan para pekerja atau wanita karir.. ya sama saja mereka tidak akan mudah merasa lelah ketika bekerja dikantor, sebrat apapun pekerjaan kantor pasti akan merasa lelah namun jika sering berolahraga maka recovery kelelahan akan cepat kembali hanya dengan istirahat sebentar saja kemudian akan mampu bekerja kembali. kenapa bisa begitu? karena kita sering berolahraga jadi cepat kembali bugar. Bedanya dengan yang gak pernah olahraga? biasanya yang jarang olahraga ketika mengalami kelelahan butuh recovery berhari-hari bro ! boros bensin !

 

Kesimpulannya: kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan akan mampu melakukan aktifitas lagi setelah beristirahat sebentar.  Jadi mulai dr sekarang jadikan olahraga sebagai gaya hidup (life style) dan kebutuhan. jangan cuma shooping aja yg jadi gaya hidup. Salam olahraga..VINI…VIDI…VICI.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: