Oleh: yukez | Desember 7, 2013

Tugu “TALEUS” Bogor Kurang Besar dan kurang pas penempatannya.


DSCF3901

Waktu itu hari minggu pagi saya sedang olahraga bersepeda mengelilingi jalanan kota bogor. Banyak hal yang saya peroleh ketik bersepeda. yang pertama jelas berolahraga unttuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kedua mengetahui secara langsung kondisi jalanan dan rute yang nyaman untuk olahraga bersepeda di bogor yang angkotnya jutaan kketiga melihat aktifitas masuarakat di hari minggu dan tempat tempat apa saja yang menarik.

Kali ini saya mengambil rute jalan pajajaran-Teplan-kebon pedes-jalan baru-yasmin-cilendek -pasar merdeka ( PGB)-kapten muslihat (taman topi-kebun raya dan kembali ke Jl. pajajaran. Ada hal yang cukup menarik pandangan saya ketika sampai di daerah Pasar merdeka ( PGB) di tengah hiruk pikuk angkot dan manusia ada taman segitiga pas depan PGB . yang membuat saya tertarik melihat taman tersebut adalah adanya tugu “Taleus” / talas yang merupakan icon kota bogor. (pembaca semua harus setuju ya kalau icon kota Bogor adalah taleus) heheh agak maksa dikit…

Saya Amati itu tugu taleus lalu saya telaah dan saya menerawang dengan mengaitkan taleus dan tujuan didirikannya tugu taleus di sana. Ada beberapa poin yang saya simpulkan dengan hasil pengamatan saya melihat tugu taleus di sana antara lain:

1. Besarnya tugu taleus saya kira agak tanggung. Kecil tidak besarpun kurang karena kalau kita/oranglain melewati jalan merdeka saya pikir tidak semua akan melihat bahwa di tengah taman segitiga itu ada tugu taleus.

2. Taleus Adalah icon Kota Bogor. Tugu taleus d tempatkan di jalan merdeka saya pikir kurang pas kalau tujuannya memberi tahu kepada masyarakat luar bogor bahwa taleus adalah komoditi andalan dan ciri khas Bogor. karena masyarakat luar bogor jarang melewati jalan merdeka yang selalu macet itu. kalau pas nya sih Tugu taleus itu di tempatkan di jalan pajajaran. Karena jalan pajajaran adalah jalur utama masyarakat luar bogor.

segitu saja deh tulisan saya kali ini..waduh sudah lama juga gak nulis di blog tercinta ini….


Tinggalkan Balasan

Kategori

