Oleh: yukez | Februari 12, 2013

Mengajar Penjas : metode Demonstratif Parsial


kadang ketika akan mengajar kita bingung untuk memilih metode pembelajaran apa yang akan kita pakai yang cocok dengan materi yang akan kita ajarkan pada murid. Untuk pembelajaran Psikomotor seperti penguasaan teknik cabang olahraga memang membutuhkan strategi khusus yang jitu. apalagi pembelajaran pendidikan jasmani kadang menggunakan alat, dan alat tersebut adalah alat yang sama untuk di gunakan baik oleh siswa wanita maupun laki-laki.

nah….bagaimana untuk mengajarkan misalnya Teknik bermain bola basket dalam waktu 2 jam pelajaran atau sekitar 130 menit??? anak harus mencapai ketuntasan…..weeeleehhh cling strategi pembelajaran kuncinya….ini pengalaman saya waktu mengajarkan Permainan Bola basket dengan materi penguasaan teknik dasar bermain bola basket… teknik dasar yang akan di berikan adalah upper head pass, chest pass, bounce pass dan dribbling….bagaimana mengajarnya? dan yang paling penting..siswa tidak banyak tinggal diam tapi aktif bergerak… bingung? gak usah bingung….
begini sodara…sodara….
pertama: Buat lingkaran….lalu di tengah ada seorang siswa sebut saja siswa A…. mulai dulu dengan satu bola..lakukan teknik yang paling mudah misalnya bounce pass…., seorang siswa yang berdiri melingkar sebut saja siswa B1. menghadap lingkaran melakukan bounce pass pada siswa A yang berada di tengah kemudian setelah bounce pass…siswa B1 ini lari….ke posisi siswa A yg ada di tengah…sebelum siswa B1 sampai di tengah,… siswa A melakukan bounce pas ke siswa B2 yang mengelilingi siswa A..lalu lari menempati posisi yang di tinggalkan siswa B1 tadi. begitu selanjutnya.

Kedua: lakukan mulai dengan satu buah bola, lalu jika dilihat siswa sudah cukup menguasai lakukan dengan 2 bola dan 2 siswa di tengah…atau sampe 4 bola dengan 4 siswa di tengah…ketika bola bertambah banyak maka lathan ini akan semakin seru….

ketiga: lakukan latihan ini dari tenknik yang paling mudah misalnya bounce pas..lalu latihan upper head pass mulai dari satu bola sampe 4 bola… begitu juga tekbik yang lainnya.

yang terakhir: ajak siswa bermain bola basket dengan aturan yg di modifikasi, bagi siswa menjadi 2 regu, lalu bermain lah bola basket tapi hanya menggunakan bounce pass saja….. ketika siswa sudah mulai mahir dengan bounce pas, tambah aturan …misalnya boleh menggunakan chest pass.. jadi hanya bounce pass dan chess pas saja yang boleh di gunakan…disini mulai siswa semangat bermain basket. secara tidak sadar mereka sebenanrnya sedang melakukan latihan penguasaan teknik….satu persatu..dan akhirnya¬† sampe ditambah teknik upper head pass..lalu ditambah drible….maka pembelajaran akan berakhir dengan meriah..dan menyenangkan….
coba deh….
kalau saya amati teknik pembelajaran ini disebut teknik pembelajaran demonstartif parsial…pas gak sih dengan pengertiannya yang mengatakan bahwa pembelajaran deminstratif adalah metode pembelajaran dengan cara memperagakan. sedangkan metode parsial adalah metode pembelajaran yang mengajarkan materi perbagian dulu..sedikit demi sedikit sampai akhirnya semua materi tuntas diberikan secara bertahap.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: