Oleh: yukez | Maret 18, 2012

VERTIGO


VERTIGO

Suatu hari…..

siswa: Pak Ukas…pak Ukas….itu Ghifari pingsan pak.!

saya: pingsan? pingsan kenapa…anak jangkung gede gtu bisa pingsan ?

siswa : ga tau pak..tadi lagi main-main gtu..truss…tiba” pingsan aja….

Saya: Hadeuhhhh..trus skrg di UKS ? oke deh kita ke TKP…jreng jreng…

yukez.wordpress.com

Itu dialog singkat antara saya dengan seorang murid, yaa…kadang saya harus siap 24 jam ketika ada aktivitas di sekolah..padahal saat itu sudah jam pulang, tapi banyak siswa yang masih bermain di sekolah. Murid di sekolah saya sudah biasa memanggil saya kalau ada yg pingsan apalagi urusan keplitek..atau terkilir…Alhamdulilah sih sy senang dan bahagia bisa bermanfaat buat yg lain….

Setelah sy ke UKS ( UNIT KESEHATAN SEKOLAH) sy dapati si korban sudah siuman…..tubuhnya penuh keringat dan badannya panas..tapi bukan panas sakit…ini panas sisa aktifitas sebelum pingsan tadi rupanya. Saya dekati murid yang pingsan tadi, saya periksa denyut nadinya….hmmm tinggi. Dia masih merasa pusing…saya suruh dia lebih rileks lagi agar denyut nadinya turun. Setelah agak lama saya periksa kembali denyut nadinya..sudah normal…lalu saya tanya padanya apa yang terjadi ? dia bilang lagi main-main, bercanda-bercanda sambil sedikit kejar-kejaran… terus temannya teriak..langsung saya pusing  lalu terjatuh pingsan, cerita anak tersebut. ( duhhh…ini anak SMA masih aja main kucing-kucingan kayak Tom n Jerry ).. HEHEHE…

What?? Saya tersentak….hmmmm saya mendapatkan kesipulan penyebab pingsan anak ini….TERIAKAN….lalu PINGSAN . Saya tanya kamu vertigo ? si anak menjawab ia pak. Waduhhh…..ok deh….  biar kita lebih faham apa itu VERTIGO, mari…pak Guru mau jelaskan hehehe….

APA ITU VERTIGO ?

Vertigo adalah  salah satu  gangguan keseimbangan dalam panca indera ( telinga)  bagian dalam yang dapat menyebabkan penderita merasa pusing, sekeliling terasa berputar-putar dan melayang-layang terbang, hmmm gak sampe terbang kalee…. Kata vertigo berasal dari bahasa Yunani yaitu vertere =  memutar.

Gerakan mata yang abnormal menunjukkan adanya kelainan fungsi di telinga bagian dalam atau saraf yang menghubungkannya dengan otak. Nistagmus adalah gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Arah dari gerakan tersebut bisa membantu dalam menegakkan diagnosa. Nistagmus bisa dirangsang dengan menggerakkan kepala penderita secara tiba-tiba atau dengan meneteskan air dingin ke dalam telinga.

VERTIGO kah Anda ?

Untuk mengetahui kita mengalami ganguan Vertigo atau tidak ? bisa di coba beberapa test berikut :

  1. Tes keseimbangan.

Berdirilah lalu  berjalanlah dalam satu garis lurus, pertama berjalanlah dengan mata terbuka sampai beberapa meter. kemudian lakukan dengan mata tertutup.

  1. Tes pendengaran

Teriakan kalimat atau apa saja dekat telinga , dari teriakan rendah, sampai nada tinggi, apa yang dirasakan?.

  1. Pemeriksa ke Dokter

Pemerikasan ke dokter atau rumah sakit harus menggunakan alat CT scan atau MRI.

Pengobatan

Untuk mengurangi vertigo yang ringan adalah obat meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin  berfungsi untuk mencegah motion sickness, Semua obat di atas bisa menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut. Skopolamin dalam bentuk plester sedikit menimbulkan efek kantuk .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: