Oleh: yukez | Agustus 7, 2011

RUJAK BeuBeuK


rujak beubek   RUJAK BEuBEuK

Pernah denger nggak jajanan yang satu ini ” RUJAK BEuBEK” jajanan yang disukai oleh berbagai usia manusia dari balita sampe orang  tua yang udah bongkok,  awas jangan di baca “bebek=hewan unggas” bunyinya bukan “E” TAPI “E” sama jika kita ucapkan kalimat “sebel”..okeh brayy sudah faham ya ngucapinnya.. ” rujak bebek”.

Jajanan ini berasal dari Bandung, dan sudah beredar di beberapa daerah, bisa kita temui seperti di Jakarta juga sudah ada. bedanya rujak ini dengan rujak lainnya adalah cara membuat dan menyajikannya , kalau bahan rujaknya hampir sama dengan rujak buah yang lainnya beda dikit lah dengan rujak buah mah, rujak bebek ini biasanya terdiri dari bahan buah  yaitu : jambu air, mangga, bengkuang, kedongdong, ubi mentah, nenas, pisang kepok dll, nah buah-buahan tersebut di iris-iris dimasukkan ke alat yang berupa kayu berlubang besar seperti lumpang , bumbu seperti gula merah , cabe, garam , terasi dimasukan juga , kemudian ditumbuk dengan alat tubuk nya  ( kayu yang pendek) . nah proses menumbuk ini dimaksudkan agar buah menjadi setengah hancur ( dalam bhs. sunda : bebek). makanya dinamakanlah rujak ini rujak bebek.

photo: by ukas.bdg

PENYAJIAN : setelah bumbu dan buah menyatu, bahan yang di tumbuk tersebut di ambil dengan sendok dan di sajikan dalam tempat yaitu daun pisang, dalam bahasa sunda disebut “pincuk”. sendoknya pun dari daun pisang yang dilipat memanjang sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai sendok.

SOAL RASA: hmmmm  soal rasa si mamang yang jualan rujak bebek akan bertanya dengan sopan santun penuh kelembutan dan perhatian” mau pedas, asam, atau asin? sesuai selera kita, kalau sy pribadi lebih suka pedas asam… hmmmmmm sueegerrrrr rasanya di makan di siang hari yang panas terik dan bolong sehingga karena bolong awanya hari itu.. panas matahari tembus sampe ke otak… hahahaha lebayyyy pisan…

photo: by ukas.bdg

APALAGI YA… ya sudah ah segitu aja dulu bray..bro..sis…mas bro…. tulisan sy ini..semoga berkenan…dan yang penting sy tetap bisa menjaga hobi kutak ketik tuts keyboard laptop. semoga anda berkenan. saran saya …MARILAH KITA BUDAYAKAN DAN PERKENALKAN KEPADA ANAK  CUCU KITA TENTANG JAJANAN TRADISIONAL YANG PENUH VITAMIN INI. jangan sampai anak cucu kita tidak kenal dengan jajanan yang di wariskan oleh nenek moyang kita, dan…ini nih yang bahaya…. jangan sampe deh jajanan ini di KLAIM oleh negara tentangga,,,,  mau ape loe Kalo udah di klaim? mau ribut? nangisss??? nyesel….heroik ujungnya…..ganyang rujak bebek.. eh salah ya… ya udah deh..selamat menikmati rujak beubeuk.. MErDEKAAAAA…. hidup rujak beubeuk.

( tulisan ini terinspirasi ketika jajan rujak beubeuk di Bandung , menunggui si bungsu yang di cukur rambutnya).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: