Oleh: yukez | November 16, 2009

Dari Pendidikan Dasar Pencinta Alam “GIRIWANA” angkatan V, SMA Plus YPHB Bogor.


Dari Pendidikan Dasar Pencinta Alam  “GIRIWANA” angkatan V,  SMA Plus YPHB Bogor.

Img00189

Pendidikan Dasar Pencinta Alam cenderung berimage keras kasar dan Liar, padahal tidak seperti dugaan orang-orang awam, artinya tidak semua Pendidikan Pencinta Alam mengedepankan kekerasan fisik, sudah tidak sesuai dengan kondisi zaman sekarang ini untuk menerapkan konsep keras. memang pada awalnya Pendidikan Pencinta Alam mengadopsi dari pendidikan militer/bergaya militer, namun pencinta alam dan militer jauh berbeda. Militer memiliki tugas untuk bertahan dari serangan musuh dan membunuh, tapi Pencinta Alam bertugas untuk merawat , menjaga  alam agar senantiasa bisa dijadikan arena berkegiatan yang nyaman untuk kumunitasnya.

Keras dalam pendidikan dasar adalah prosedur dan program. Hal itu disesuaikan dengan sifat kegiatan alam bebas yang memang keras. Keras dalam arti untuk tujuan disiplin . Keras dalam arti bertahan hidup di alam bebas yang memang keras. Keras dalam hal berusaha menjaga alam ini agar tetap lestari.

Kondisi penerapan pendidikan yang keras dalam hal ini bukan berarti keras dalam hal fisik, tapi seperti yang disebutkan diatas, alam bebas memang keras, dekat dengan bahaya apabia kita tidak memahami cara kita bersikap dan memeperlakukan alam, bahaya kegiatan di alam bebas sangat tinggi oleh karena itu ilmunya mesti kita kuasai.

Khusu untuk Tingkat SMA, Pendidikan Dasar Pencinta Alam harus melalui beberapa proses seleksi dan latihan. Latihan dilakukan secara bertahap mulai dari pembekalan teori di kelas kemudian  latihan fisik lalu pada akhirnya penerapan teori yang telah diperoleh di apikasikan di alam bebas (gunung Hutan).

Img00104Img00115Img00132

Sehingga pada akhirnya dari Proses Pendidikan dasar Pencinta Alam tersebut akan terbentuk karakter anggotanya yang memiliki apresiasi lebih terhadap kelestarian alam  ini, alam tempat kita hidup, alam tempat kita bermain. Alam tempat dimana kita lahir dan Mati.!!


Responses

  1. Setuju,,, semua yang di maksud dengan keras bukan buat kekerasan tapi buat diri sendiri yang bakal terjun di alam bebas….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: