Oleh: yukez | Oktober 4, 2009

2 oktober Hari Batik Nasional


2 oktober Hari Batik Nasional

Baju Batik YPHB

Baju Batik YPHB

Selamat atas dikukuhkannya Batik Indonesia sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Begitu kira-kira ucapan sederhana yang pantas di ucapkan untuk negara ini.

Kenapa sih kok batikm aja begitu istimewa kita perlakukan? mungkin anda bertanya seperti itu….. atau justru anda bingung   ada apa dengan batik  begitu berharganya kah??  oh iya doong,, untuk mengetahui atau mengapresiasi batik kita mesti tahu sejarah batik itu kayak gmana?? sudah tau belum???? cari tau aja sendiri  hehehe…

3

Begini sodara…sodara sedikit saya ceritakan sejarah Batik.

Batik itu dulunya adalah pakaian mewah, mahal dan tidak biasa,   (berarti luar biasa dooong). batik itu adalah pakaian para pembesar kerajaa. Batik adalah pakaian para Raj-raja dan permaisuri, dan penghuni kerajaan yang ada di dalamnya. saat itu untuk memebuat batik semua dilakukan melalui proses cetak, bukan printing (pabrikan). tapi bener-bener batik di buat oleh tangan .. batik yang di buat oleh tangan ini biasa di sebut batik tulis.

Batik tulis harganya mahal, karena proses pembuatannya rumit, dan memakan waktu cukup lama, apalagi kalau sudah main warna  waahhh  lamaaaaaaaaaa….. makanya batik tuis mahal.

 Tapi sekarang sudah banyak batik-batik hasil cetakan pabrik. dalam  waktu satu jam   pabrik bisa menghasilkan ratusan meter kain batik. oleh karena itu batik cetak harganya murah dibanding batik tulis.

Itulah sekelumitsejarah bagaimana baju batik bisa begitu berharganya.

BATIK berarti INDONESIA ? iya lah..  batik identik dengan Indonesia, Indonesia tak bisa lepas dari batik. jadi Batik itu Budaya, hasil cipta karya dan pemikiran bangsa Indonesia, berkemnbang di Indonesia dan bernuansa Indonesia.  Oleh karena itu Perserikatan Bangsa -bangsa/ PBB/ United Nations melalui lembaga UNESCO ( Bidang Pendidikan dan kebudayaan) mengukuhkan.. pada tanggal 2 Mei 2009….Batik yang merupakan Budaya asli Inonesia merupakan  warisan Dunia… horeeeee…… akhirnya, badan Tertinggi dunia itu mengakui  Indonesia merupakan negara asal batik.

1

Dan akhirnya presiden Republik Indonesia Bapak SBY menyerukan kepada seluruh Rakyat Inonesia untuk mengenakan pakaian batik pada Tanggal 2 mei sekaligus menetapkan tanggal 2 mei sebagi Hari batik Nasional…. ( tapi kok sekolah gak libur ya). hehe..

4

Oleh karena seruan dari Bpk Presiden tersebut, maka pada tanggal 2 mei selurtuh rakyat indonesia  baik, siswa sekolah, karyawaan, pegawai negeri, sampai tukang sate dan tukang siomay pun memakai batik… asiiik deh…. ganteng kan jualan sate pakai batik, jarang -jarang kaan. soalnya batik biasanya di pake tiap mau ke undangan aja..hehe….

 


Responses

  1. senang berjumpa dengan teman blogger di jagat raya blogsphere yang postingnya menarik-menarik seperti ini,
    Saya Agus Suhanto, salam kenal…

    • To : Pak Agus Suhanto
      ” Senang juga bisa kenal dengan pak Agus. Sy belum lama bermain di dunia blogsphere pak. tidak seperti pak agus yang sudah jadi pemain lama….
      terimakasih….salam kenal juga dari saya..Ukas Danaria.

  2. Sebelumnya saya ucapkan selamat hari batik. Sudah selayaknya kita memperingatinya dengan cara berpakaian batik. kita patut bersyukur, setelah melewati perjuangan yang tidak mudah, akhirnya batik diakui juga sebagai milik Indonesia oleh UNESCO.

    Mudah-mudahan momen ini bisa dijadikan sebagai titik awal untuk mempatenkan warisan budaya milik kita yang lainnya. agar tidak terjadi lagi insiden pencaplokan hak paten budaya kita oleh negeri orang lain.
    Hidup Batik Indonesia!

    Dijual Rumah

    • to: Runah dijual

      iya…. betul..kita mesti menghargainya (batik).
      masih banyak warisan budaya kita yang d caplok negara lain. ternyata Indonesia kaya akan budaya ya….. terimakasih sudah bertandang ke blog saya… hidup batik Indonesia

  3. ahaha😀
    uchull tehh etaa …

  4. Ya palingan Tahun Depan hari batik dilupain

  5. Betul🙂. Jadi jangan sampai kainnya juga import dari manca negara dicetak disana.. disini dirakit jadi baju batik wuihhh..🙂..

    Proud of Batik as National Product🙂.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: