Oleh: yukez | Juni 8, 2009

Menguak Mistery “Gunung Pancar”


Menguak Mistery “Gunung Pancar”

Pendakian warming Up REPALA GIRIWANA

view di atas gunung pancar

view di atas gunung pancar

Mendaki

Mendaki

pendaki

pendaki

 menuju puncak

menuju puncak

Pendakian warming Up/ pemanasan sebelum mendaki gunung Gede Pangrango setelah Ujian Kenaikan keas nanti, dilakukan dengan memilih lokasi Gunung Pancar . Sebanyak 23 pendaki yang terdiri dari Saya sebagai pembina di temani Pak Aryo dan angota Giriwan juga tak ketinggalan kami ajak anggota non Giriwana serta anak-anak DKM. Tadinya kami akan mendaki bersama anggota ekskul Photografi Obscura tapi banyak dari mereka tidak bisa.

Anak DKM pun cuma 2 orang saja yang ikut yaitu Arif Bolang dan Sella. sengaja kami ajak anggota non Pencinta Alam agar terjalin persahabatn dan juga agar memahami kegiatan yang kami lakukan.

Gunung Pancar, merupakan gunung dengan ketinggian sekitar 500 mdpl. Bukan termasuk Gunung yang jadi pavorit para pedaki untuk mencumbuinya. Gunung pancar lebih tepat disebut bukit. terletak di Desa karang tengah kec. Babakan Madang Kab. Bogor. Ke arah Timur sentul kita akan sampai dikawasan hutan wisata gunung Pancar. Gunung pancar memiliki beberapa mata air panas yang disebut Kawah oleh penduduk setempat, yaitu kawah koneng , kawah beureum dan kawah bodas.

Di bagian kaki gunung pancar terdapat pemukiman penduduk yaitu desa karangtengah. sebagian penduduknya bekerja sebagai petani/peladang.

Kawasan ini dikelola oleh Dept. Kehutanan. Terakhir kali kami mendaki gunung ini. dikawasan perkemahannya sudah mulai marak dengan berbagai fasilitas olahraga alam seperti trek sepeda gunung, playing fox, wall climbing dan arena permainan perang pine ball.

Tapi bagi sebagian masyarakat, gunung pancar merupakan tempat ziarah. karena tepat diatas (di puncak) gunung ini terdapat 3 buah makam sesepuh masyarakat karang tengah, yang menurut cerita makam tersebut adalah makam embah haji putih dan 2 orang anaknya. di tengah gunung ini juga terdapat makam yang masih keluarga embah haji putih.

makam di puncak gunung

makam di puncak gunung

puncak Gn. Pancar

puncak Gn. Pancar

Menurut informasi yang diperoleh, kawasan puncak gunung akan ramai apabila menjelang malam jumat. banyak orang/masyarakat yang datang dari berbagai daerah dengan susah payah mendaki guung ini untuk berziarah.

Suasana di puncak pada siang hari pun terasa sangat mistis dan mencekam. bayangkan setelah lelah mendaki trek yang cukup curam, sesampainya di puncak kita harus beristirahat dekat dengan makam yang penuh aroma dupa.

Arif Bolang dan fahmi mencoba membersihkan makam dari unsur-unsur benda yang berbau klenik dan menjurus pada hal syirik. Dupa dan minyak serta kemenyan dibuang jauh-jauh oleh arif bolang. Al-Qur’an yang tergelatk tak rapih dirapihkan. Duh…masih ada saja ya orang2 yang minta doa’ pada orang mati. harusnya kan yang sudah meninggal yang kita doakan.

Terdapat larangan jika kita mendaki gunung ini..yaitu dilarang berteriak. kalau larangan ini dilanggar maka niscaya pendaki akan tersesat. saya sudah mengingatkan kepada para anggota repala Giriwana yang saat itu mendaki gunung pancar untuk tidak berteriak. tapi dasar namanya juga anak muda tetep aja…gogorowokan berteriak-teriak seperti tarzan. Tapi alhamdulillah semua anggota tidak ada yang tersesat…….Entah benar-entah tidak benar tergantung kepercayaan kita masing masing. yang jelas selalu kita mesti ingat bahwa alam mempunyai kekuatan dan alam meiliki mistery….jangan pernah anggap remeh pada alam

selebihnya kita kembalikan pada sang pencipta dan penguasa jagat raya ini…

Wallahualam bissawab……

Img00108


Responses

  1. asekasek , jlann teruss euyyy …… !!!!!!!!!!!!
    beuuhh , segerrrr ,,

  2. ok bnget..

    • to: sudirman
      apanya yang ok bos? makasih ya udah comment….

  3. ass..brother..klw ad acra pendakian lg ke gunung pancar mhn izin untk brgabung..coz sy sk yg berbau alam..thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: