Oleh: yukez | April 7, 2009

GOA GUDAWANG


Goa Gudawang

Penelusuran Goa Gudawang

REPALA GIRIWANA SMA Plus YPHB Bogor

Pernah mendengar nama Goa Gudawang ? bagi warga Bogor saja belum tentu tahu bahwa diwilayahnya ada Goa…

Goa Gudawang terletak di sebelah Barat Kota Bogor, Tepatnya di wilayah Kab. Bogor Kecamatan Cigudeg. Dari arah  Kota Bogor dapat melewati IPB Dramaga..lalu lewat Ciampea, Leuwiliang, Jasinga dan masuk kecamatan Cigudeg…Tidak jauh dari pasar cigudeg  akan ada papan petunjuk Goa gudawang, tepatnya dipertigaan setelah pasar ke arah perkebunan sawit. Sepanjang jalan dari leuwi liang dan cigudeh kita akan disuguhi panorama yang tak kalah menakjubkan …jalanan berkelok, sungai yang lebar dan suasana pedesaan yang asri..di sebelah barat daya akan terpampang panorama pegunungan yang membentang  samapai menyatu ke arah timur bertemu dengan Gunung salak.

memasuki daerah Perkebunan sawit.. tak jauh lagi akan tiba di lokasi Goa.

Goa Gudawang

sebenarrnya Goa Gudawang merupakan Kompleks dari 4 goa yang ada. dari empat Goa tersebut kita akan disuguhkan suasabna petruaangan yang cukup menegangkan dan menantang… Kompleks Goa Gudawang terdiri dari 4 lobang Goa.. yaitu Goa Simenteng, Goa Simasigit dan Goa Sipahang( 2 lobang goa).

Goa Simasigit panjangnya kurang lebih 500 meter…Goa ini terdapat lubang masuk dan lubang diatas, jadi sinar matahari dapat masuk ketengah GOa.. Goa Simasigit memiliki Karakteristik berlumpur  dan tidak ada sungai di dalamnya…hmmmm…bau menyengat kotoran kelelawar  sangat menusuk dari goa ini.di sarankan untuk memakai masker ketika masuk goa ini  kalau gak kuat  bakalan muntah ..Stalaktit dan stalakmit nya  lumayan eksotis….jalurnya lumayan menantang karena berat oleh lumpur dan beberapa bagian goa  semakin kedalam semakin sempit..goa ini memiliki  3 jalur..jalur kanan..jalur kiri  dan jalur depan..sedang kan kalau kita berada  ditengah goa maka mulut goa  ada di sebelah kanan.

dsc00799

Goa  yang ke dua  dimasuki adalah Goa simenteng.  Goa simenteng merupakan goa yang meiliki karakter sebagai berikut…..lubang masuk goa  merupakan lobang Vertikal artinya…untuk masuk ke goa  kita mesti menuruni anak tangga yang cukup curam, mesti hati-hati , selalu berpegangan pada besi pengaman  yang sudah ada..  dasar goa kemulut goa jaraknya sekitar 15 meter ke bawah (cukup curam ). Goa ini lumayan panjang…di kawasan Zona terang  yaitu zona dimana sinar matahari masih masuk…kita akan disuguhkan pemandangan eksotis  stalaktit dan satalakmit yang lebih mempesona  lagi……..lalu  dibagian zona gelap dimana sinar matahari mulai tak mampu menembus kadalaman goa (remang-remang) jalur mulai  berair, aliran sungai bawah tanahnya  jernih dan deras…hmmmmmmm  serasa  ingin   berendam  atau sekedar membasuh tangan di dinginnya air goa..hmmmm mantap…. jalur akan membelok ke kanan  , akan ditemukan sebuah canopy goa berupa stalaktit yang hmmmm  sungguh indah luar biasa mengkilap an putih berkilau berjuntai-juntai……..batas akhir jalur goa ni berupa ruangan bessar.. yang dipenuhi ribuan kelelawar… dan sungainya mengarah ke jalur ini.kalau ada kebeanian  slahkan coba menembus aliran sungai..pasti  lubang goa   akan tembus  terus  tapii resikonya  sangat mahal dan berat..perl;engkapan pun mesti bawa oksigen tabung……kalau  seadanya djamin  nyawa akan melayang….lalu jalur berlanjut   kembali ke tengah…menerobos genangan sungai yang setinggi dada….wahhh ebberapa anggota repala giriwana nyaris tenggelam disini.. yang kecebur  dan kelelp  bkin ketawa  rekan-rekan yang lainnya… yang konyol c bagus (ketua)  senter nya  tenggelam  tapi  bisa ditemukan lagi dan ajaib senter tersebut masih nyalah   heheh   ….senter mahal githu loh….

terus  menembus jalur   yang ini  wahhhh  semua  anggota mesti mngeluarkan tenaga ekstra..lumpur dan sungainya   akan menelan kaki sampai setinggi lutut.. sendal gunung c faris sebagai pembuka jalur   putrus ..maka makian pada salah satu pabrikan sendal gunung terkenal itu pun  dia lontarkan   hahahah …

dsc00804

di sebelah kiri agak atas  tepatnya didinding goa ada lubang tembus…tapi cumabisa dimasuki oleh yang memilki badan imut bin kecil,maka pimen dan vale  menjadi  martir…pimen berhasil masuk…..lalu vale  juga  diperintahkan masuk ke lobang itu dengan cara naik ke punggung c gungun…belum juga  masuk mulut lubang tersebut  vale terjatuh..lalau byurrrr…dia  jatuh tenggelam ke dalam  air …dan kelelep   hahaha…..

dsc00802

dsc00867



Responses

  1. bagus deh goa godawang
    ga nysel ko!
    scra gw kan nak EKOWISATA…

    • to: Nida
      Makasih sudah berkunjung ke blog saya. Oh anak ekowisata IPB bukan???
      Sudah ke Goa cikarea belum ?????? di gunung putri….
      bagus deh…..

  2. bos kalau mo masuk goa harus dilengkapi dulu atribut yg harus dibawa,karena itu salah satu peraturan yg harus kita patuhi.merdeka lanjutkan

  3. Permisi, numpang tanya
    kalau mau ke sini dari bogor naik kendaraan umum apa yah..

    Terimakasih

  4. asoooyyy bapak!? masih aktif pak blognya!? pengen kesana lagi euy!? ahhah

  5. tempat w emg kren kapan main lagi yah

  6. Alamatnya dmn sih? jalannya bagus ga/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: