Oleh: yukez | Februari 21, 2009

SMA Plus YPHB Kota Bogor Menuju Sekolah Berwawasan Lingkungan


Menuju Sekolah Berwawasan Lingkungan

yphb-new

Perubahan iklim yang sangat ekstrim sebagai Efek Pemanasan Global sangat mengkhawatirkan seluruh dunia. Semakin sempitnya lahan hijau akibat perluasan pemukiman penduduk, rusaknya hutan-hutan di Indonesia akibat kebijakan yang dilematis antara  kepentingan ekonomis pembangunan dan kalangsungan hidup, berkurangnya jalur hijau di kota akibat pembangunan toko dan pelebaran jalan, Pencemaran air, tanah dan udara, masalah sampah, efek rumah kaca dan masih banyak lagi contoh kerusakan lingkungan hidup menyadarkan seluruh umat manusia untuk kembali pada pesan sang Khalik agar manusia sebagai khalifah di muka bumi beranggung jawab menjaga kelangsungan dan keseimbangan hidup, serta memelihara, menjaga dan merawat lingkungan hidup demi kemaslahatan umat manusia sendiri.

Indonesia  dengan hutan hujan ropisnya  yang kian hari-kian berkurang merupakan paru-paru dunia, hutan Indonesia adalah salah satu hutan penyumbang oksigen bagi dunia, berkurangnya hutan Indonesia menyebabkan negara-negara lain gerah dan berupaya  untuk mencegah kerusakan tersebut.

Sekolah yang merupakan gerbang utama ilmu pengetahuan dan tempat transfer informasi, mendapat tugas berat untuk menyadarkan setiap warga sekolah, baik guru, Karyawan , orang tua siswa dan siswa sendiri untuk sadar dan berusaha menjaga dan memelihara lingkungan hidup sekitarnya  agar terpelihara dengan baik.

Proram Penanaman Pohon di sekolah bermanfaat selain memberikan oksigen yang dapat menimbulkan kesegaran juga dapat menambah keasrian, keindahan dan kenyamanan dalam melakukan aktifitas belajar mengajar. Untuk itu sudah menjadi program sekolah mengupayakan sekolah yang hijau dan bersih, melalui kampanye ” Green School dan Clean School” atau SeKolah Berwawasan Lingkungan. Menjadikan sekolah yang berwawasan Lingkungan tidak sebatas dalm arti fisik, tetapi pula dalam arti pola dan tindakan. memebentuk mental setiap civitas sekolah  inilah yang berat. Perlu proses penyadaran melalui berbagai tindakan dan penyadaran.
Upaya membangun sekolah berwawasan lingkungan, perlu adanya dukungan serta kerjasama yang sinergis antar semua komponen baik pihak intern di sekolah mulai dari siswa, guru,tata usaha, kepala sekolah, maupun pihak ekstern seperti orang tua siswa, masyarakat mengingat menjaga kelestarian, memelihara lingkungan merupakan tugas dan kewajiban kita bersama.

Departemen Pendidikan Nasional yang memiliki tanggung jawab untuk merumuskan kebijakan pendidikan, termasuk di dalamnya pendidikan lingkungan hidup. Dewasa ini setiap negara dihadapkan kepada masalah lingkungan hidup, seperti isu pemanasan global, rusaknynya hutan hujan tropis sebagai paru-paru dunia, dan berbagai masalah lingkungan hidup yang lain. Untuk mengatasi masalah lingkungan hidup tersebut, pembangunan nasional diarahkan untuk menerapkan konsep pembangunan berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Salah satu unsur dalam konsep pembangunan berkelanjutan tersebut adalah pendidikan lingkungan hidup (environmental education). Terkait dengan masalah tersebut, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, memiliki komitmen untuk ikut mengambil bagian dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup melalui program sekolah berwawasan lingkungan.

SMA Plus YPHB Kota Bogor akan menjalankan kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh mengingat manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan ini begitu besar, karena kegiatan ini bukan hanya bermanfaat bagi sekolah namun juga masyarakat sekitar. SMA Plus YPHB Kota Bogor berupaya untuk menjadi salah satu sekolah yang berwawasan lingkungan. Dua Tahun sudah Program tersebut dilaksanakan diantaranya menumbuhkan dan membentuk karakter siswa  yang berwawasan Lingkungan Hidup melalui Pelajaran PLH (pendidikan Lingkungan Hidup), Ikut andil dalam berbagai kegiatan yang berkenaan dengan lingkungan hidup seperti pelatihan daur ulang sampah, pembuatan kompos, seminar pengelolaan sampah dan  masih banyak lagi kegiatan yang pernah di ikuti maupun dilaksanakan baik di luar maupun di dalam sekolah.

Dan dapat dibayang kan jika seluruh sekolah yang ada di kota Bogor ini merupakan sekolah berwawasan lingkungan. Kota  Bogor akan menjadi kota yang benar-benar Bersih, Indah dan Nyaman.

Asfek-asfek dalam rangka menciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan :

1. Aspek manajemen : Membentuk tim Sekolah Berwawasan Lingkungan (SBL)yang terdiri  dari :

a. Ketua/Koordinator SBL : Mengelola SDM, Mengorganisasi staf SBL. dan menentukan kebijakan program.

b.Sie- UKS:Mengatur jadwal pemeriksaan kesehatan pribadi, kesehatan makanan (kantin), Penyuluhan  kesehatan, pemeliharaan kesehatan, pengobatan, pembinaan kesehatan. dll.

c. Sie- Lingkungan : – Melaksanakan program Pendidikan lingkungan hidup, penyuluhan dan Pengelolaan sampah, penyuluhan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, penanaman, penghijauan, pemeliharaan pohon dan tanaman, penyuluhan kecintaan pada tanaman, pengelolaan air, pembuatan kompos, dan penanaman serta pemeliharaan Tanaman Obat.

2. Aspek kondisi fisik sekolah

Kondisi fisik sekolah dikembangkan dan  dirancang untuk memungkinkan terselenggaranya proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan. Sekolah yang hijau, bersih, tertata rapih akan merangsang siswa  untuk belajar dengan suasana emosional dan dan suasana psikologis yang baik. Untuk itu SMA Plus YPHB menerapkan pengelolan sampah mulai didalam kelas dengan enyediakan tempat sampah organik dan anorganik. Tidak hanya   itu  ondisi fiasik  sekolah juga meliputi pengelolaan lingkungan fisik yang teratur, pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara yang luas, tempat bermain dan bergerak yang luas, lokasi yang mudah dicapai tempat duduk yang nyaman dan sebagainya.

3. Aspek pemberdayaan warga sekolah.

Keterlibatan dan pembeerdayaan warga sekolah merupakan hal yang penting dalam upaya penerapan Sekolah Berwawasan lingkungan. Tidak hanya siswa, tapi juga Guru, karyawan dan orang tua harus mendukung program ini, mulai dari menjaga  kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar, setiap warga sekolah juga diwajibkan memiliki satu buah  tanaman atau pohon yang dipelihara di sekolah, kegiatan ni  adalah sebuah contoh  untuk membentuk karakter setiap warga sekolah agar menyadari pentingnya menjaga kondisi lingkungan Hidup mulai sekarang. selain praktek langsung dalam penanaman atau pemeliharaan pohon, penyuluhan mengenai lingkungan hidup pun secara berkala dilakukan.

Photo-photo yang berkenaan dengan upaya menciptakan Sekolah Berawawasan Lingkungan :st830937Pembuatan Tong Komposter

st830575

st830925



menanam-toga-5menanam-toga4



Responses

  1. termasuk maju sekolahnya, tingkat lagi

    • by: bisnis internet
      termasuk maju sekolahnya, tingkat lagi

      jawab:
      Terimakasih, memang SMA Plus YPHB sudah menjadi SKM, SSN, dan kemarin udah ditawarin SBI, tapi ntar dulu deh. kita harus bener2 nyiapin SBI nya. kebetulan sekarang dittunjuk oleh Kota Bogor untuk mewakili lomba UKS tingkat Jabar
      minta doanya aja ..

  2. aya – aya wae

    • hehehe..naon pabli, nu aya2 wae teh….?? hehehe….thanks ya…

  3. wwwwaaaaaawwwwww baaguss..

    • waaaaaaaaaaaaawwww….
      ada lengleng toh…?
      bagus apanya seeh leng…? heheh..makasih udah mampir….di blog bpk….

  4. wah!salut dengan usaha bapak yang sangat peduli dengan kebersihan, keindahan dan kenyamanan kota bogor. saya sebagai mahasiswa ESL (ekonomi sumberdaya lingkungan) IPB sangat menyadari betapa pentningnya itu semua, kalau boleh saya ingin menulis skripsi tentang kebersihan sekolah SMA Plus YPHB..

    • to : Radithe ESL-IPB
      Wah Terimakasih atas kunjungan anda ke BLog saya.
      Hal inilah yang merupakan tugas sangat termat berat ya tentang kebersihan. karena menjaga kebersihan di kita ini belum menjadi suatu budaya hidup.
      Oh silahkan jika anda mau menulis skripsi tersebut, saya siap membantu.

  5. sharing informasi aja..
    bagi yg memerlukan informasi mesin2 untuk memnuat kompos dapat klik http://www.situsmesin.com/berita
    silahkan berkunjung yaa??
    salam kenal

  6. ach pak yukez..mana foto nissa pas nanem petonia???

    payah ach,,

    ahha_

    • to : annisa…
      hahah petonia kapan tahun itu mah hahaha……

  7. jangan cuma berbasis lingkungan dong !!
    tapi berbasis ICT juga ??
    aw aw aw.

    • balsan: hahaha….berbasis ICt udah lama banget SMA kita nerpin itu…jadi kalo mau tau SMA YPHB itu berbasis
      1. ICT
      2. Bilingual
      3. carachter building
      4.Berbasis Lingkungan

  8. Menuju sekolah berwawasan lingkungan tapi bau sampah kecium banget di tangga ke lantai 3 !!! itu bagaimana jwbnna Bos ?

    • tunggu deh sebentar lagi bak sampah akan ditutup kok sabar aja mas fabli..

  9. wah…sukses euy dari cicadas menuju gedung yphb

    hahahaha..

    salut pak,,

    lanjutkan!!

    • Balasan:

      Hahahah kang Daphe kumaha damang..aduh meni setia nya nyambangan blog bpk..hatur nuhun kaseep ..kumaha yeuh persiapan UN..LULUS laaah ok…..aminnn…
      Pokokna mah…
      PERSIB NU AING……..!!!!!!

  10. Assalamualaikum kami dari sma islamic village tangerang kalau kami ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang sekolah ini bagaimana? kebetulan sekolah kami akan menyelenggarakan sistem moving class untuk itu kami akan mengadakan studi banding jika sekaolah bapak yang akan menjadi tujuan kami kami mohon bantuannya untuk menginformasikan lebih banyak misalnya alamat sekolah bapak atau nama yang bisa kami hubungi

    • To : Bpk? ibu nur cholillah:
      Wa’alaikumsalam wr.wb.
      Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.
      Untk Info lebih banyak silahkan bapk/Ibu lihat situs resminya di
      http://www.smayphb.sch.id

      silahkan jika ingin studi banding ke sekolah kami dengan senang hati kami akan menerima kedatangan bapk/ibu sekalian.
      alamatnya di jalan Pajajaran no. 234 A Kota Bogor.
      nmr telpon: 0251- 8311269
      faximile : 0251- 8387606
      terimakasih.

  11. yukez uda hi-tech euy . . ..
    hhe . . .sorry akh . . .
    tpi keren lah pak . . .

    • balasan..:
      hohohohoho…. iya doong gak boleh kalah ma anak mda .terusss berkreasi…thanks yaw….mas riko badag…..hahahah pisss ahhh…

  12. mantap pak
    heheh tp kok gak ada photo sayanya sie pak di atas , jd kurang bgs gtu pak
    wheehhe
    yphb the best dah pak
    whehe
    saya dukung terus bapa…
    hidup pa ukas!!
    whahah

    ” fachrijal “

    • heheheh pengen eksis aja nh…tenang aja ntar di publish lagi….

  13. sekolah kami juga akan menuju sekolha berwawasan lingkungan, kami inginmelihat dokumen kurikulumnya terintegrasi apa monolitik? thanks dr man 2 samarinda kaltim

    • ibu sri ….
      sekolah kami memang sekolah berwawasan lingkungan, dan alhamdulilah tahun ini menjadi Juara 1 Lomba UKS tingkat kota Boogor. itu juga karena peran besar lingkungan sekolah kami yang mengarah ke wawasan ingungan. untuk kurikulumnya kami belum memasukkannya menjadi terintegrasi. mudah2an sekolah MAN @ bisa lebih baik….

  14. siswanya di asramain gak.Thanks

    • Yth. Bpk. Dasril
      SMA Plus YPHB Bogor tidak ada asrama pak… terimkasih atas kunjungan bpk k blog saya.

  15. mang yukes mmg paling tob markotob


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: