Oleh: yukez | Januari 15, 2009

Mengapa menebang pohon dilarang ?


Mengapa menebang pohon dilarang ?

  1. 1 (satu) pohon menghasilkan 1,2 kg oksigen per hari. 1 (satu) orang bernafas perlu 0,5 kg oksigen per hari. Jadi 1 (satu) pohon menunjang kehidupan 2 (dua) warga dan menebang 1 (satu) pohon di kota berarti mencekik 2 (dua) warga.

  2. Akar pohon menyerap air hujan ke tanah sehingga tidak mengalir sia-sia. Kemudian mengikat air di pori tanah dan menjadikan sebagai cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga dan menjdaikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan bencana banjir tidak terjadi. Jadi menebang pohon di hutan atau di lereng gunung terutama di daerah tangkapan air / konservasi secara tidak terkendali dan tanpa usaha penanaman kembali, berarti mengundang bencana banjir bandang, serta mengakibatkan mata air, danau dan sungai menjadi kering. Kondisi seperti ini sangat tidak menguntungkan bagi pertanian di pedesaan.

  3. Akar pohon juga mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor. Jadi menebang pohon terutama di daerah tangkapan air / konservasi seperti daerah pegunungan atau hutan tanpa upaya menanam kembali berarti mengundang bencana erosi dan tanah longsor terutama pada musim penghujan

  4. Pohon-pohon di hutan mendaur ulang hujan dan membangun iklim mikro sehingga iklim mikro terjaga, kelembaban terkendali dan curah hujan turun. Jadi menebang pohon di hutan dan membiarkan hutan menjadi gundul, berarti kita menciptakan lingkungan gersang dan terjadi kekeringan terutama pada musim kemarau. Kondisi seperti ini sangat tidak menguntungkan bagi pertanian di pedesaan.


Responses

  1. foto header latar belakangnya longsor ya? too bad

    • hallo Bud : hmmm..itu bukan longsor. itu tebing kawah gunung galunggung. jadi posisi sy berdiri berada di dalam/tengah kawah, tebing itu hasil bentukan letusan gunung galunggung tahun 1982 dengan latar belakang tebing kawah galunggung. Tampak seperti longsor ya..? sudah pernah ke kawah Gunung galunggung? coba deh….view nya bagus banget.. ok thaks..alot..

  2. yah bigitulah kiri-kira

    • to: Masjoko
      begitu gmana mas..heheh…

  3. Setuju bangets boss…. menebang pohon itu selain DILARANG tapi juga DOSA, mendingan kita menanam pohon aja… selain DIANJURKAN menanam pohon itu juga BERPAHALA. Kalo gak percaya tanya aja Pak Ustadz…šŸ™‚

    Yuks kita menanam pohon, selamatkan bumi kita..!!
    Go Green and Save Your Life…

    • Balasan :
      To : Radeny.
      hehehe.. betul..betul..betul…ayoo kita hutankan Bumi INi. Thanks udah mampir ya….salam Lestari.. salam kenal…

  4. setuju bangets. salam kenal aja.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: