Oleh: yukez | Januari 13, 2009

Mengapa Kita Harus Menghemat Kertas


kertas2

Setiap proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah besar dan tentu saja bahan baku, yang pada umumnya berasal dari kayu.

Ternyata untuk memproduksi 1 rim kertas diperlukan 1 batang pohon usia 5 tahun .Setelah selesai proses produksi, maka akan di hasilkan limbah yang juga sangat besar, baik secara kuantitatif dalam bentuk cair, gas dan padat, maupun secara kualitatif. Aagar limbah ini tidak mencemari lingkungan, maka diperlukan teknologi tinggi untuk memprosesnya.

Perubahan gaya hidup serta penyesuaian akan perkembangan jaman menyebabkan penggunaan kertas terus meningkat, baik kertas untuk kebeutuhan tulis/cetak maupun kebutuhan kertas untuk sanitasi, makanan/minuman dan penunjang gaya hidup lainnya. Peningkatan kebutuhan kertas tentunya  diiringi dengan poeningkatan kebutuhanakan bahan baku dan bahan tambahan lainnya. Konsekwensinya adalah terjadi peningkatan limbah dari proses produksi kertas dan peningkatan jumlah kertas bekas.

Untuk memenuhi kebutuhan kertas nasonal yang sekitar 5,6 juta ton/tahun diperlukan bahan baku kayu dalam jumlah besar yang mahal dan tidak dapat tercukupi dari Hutan Tanaman Industri (HTI) Indonesia. Ironisnya kita lihat disekeliling kita betapa banyaknya kertas yang ada di sekitar kita : dokumen, Koran, majalah, brosur/leaflet/catalog produk, surat-surat bank, kertas ulangan, produk-produk sekali pakai (tissue) dan lain-lain. Padahal menggunakan kertas bekas sebagai bahan baku kertas baru dapat menghemat julah pohon yang di tebang, bahan kimia dan air.

Jika kita tidak mulai meperbaiki pola konsumsi kertas kita sejak saat ini,  maka akan terjadi kebiasaan dan ketergantungan untuk selalu menggunkan kertas dalam jumlah besar. Hal ini tentunya akan memberikan tekanan secara terus menerus kepada bumi kita dan memberikan dampak yang kurang menguntungkan bagi lingkungan.

Jadi..kalau masih ada sapu tangan kenapa harus memakai tissue???

kertas3kertas41kertas-1


Responses

  1. Wew….baru tahu saya kalau untuk memproduksi 1 rim kertas diperlukan 1 batang pohon usia 5 tahun.

    Nice info

    • yah begitulah yang terjadi. kita bisa menghabiskan 1 rim kertas hanya dalam hitungan menit, padahal untuk membuatnya kita mesti nunggu 5 tahun..bayangkan semakin habis saja pohon-pohon di hutan kita..ok thanks…

  2. Suatu saat nanti akan tiba masanya sulit mendapatkan kertas, yach seperti yang dikatakan dalam tulisan diatas., dunia ini semakin tua, bahan- bahanpun semakin sulit didapat, belum limbah dari kertas yang mencemari lingkungan, untuk itulah gaya hiduppun mulai berubah dari pengarsipan manual ke electronic yang meminimalkan penggunaan kertas. Okay sukses untuk anda.

    Regards, agnessekar.wordpress.com

  3. tissue kan dari kertas daur ulang pak, terutama tissue wc…

    tapi bener juga, kertas2 kecil (apaan yah namanya) yang sering disemburkan ke atas panggung kan boros kertas ya, pak?

  4. Wah ternyata pelik juga ya Pak kenyatannya..

    Saya pernah mendengar kita jangan pake plastik, pake saja kertas sebagai wadah jajanan gorengan..

    Terus gimana solusinya…???Apa koran, majalah, buku tulis, sudah kita mulai dengan elektronik saja, jadi sebagai data dan dibaca dengan komputer sehingga bisa menekan penggunaan kertas..

    Atau bagaimana baiknya..????

    • Situasional saja pak, karena tidak semua orang sudah berhubungan atau menyentuh IT. bagi kita yang sudah mengenal dan bersentuhan dengan IT tepat sekali rasanya untuk memulai dan mempelopori penghematan kertas. masalah koran, majalah buku dan sejenisnya kita bisa mengaksesnya di intermet melalui situs-situs majalah atau buku yang diterbitkan misalnya dengan melihat e-book, mengirim surat melalui e-mail atau Im. jai dalam hal ini kita hanya bisa mengurangi. yaahh dari kita lah yang memulai, terimakasih.

  5. saya hanya takut bahwa satu saat nanti anak cucu kita sudah nggak kenal lagi apa itu kertas?”seiring dengan kemajian jaman dan teknologi semua dikerjakan secara elektronik.
    sulit sekali membuat orang menyadari akan bahwa penghematan kertas tidak saja berdampak untuk hari ini tapi juga untuk yang akan datang.
    wong saya pernah kirim dokumen kantor ke customer pake amplop bekas aja disindir yang macam2.
    jadi memang penghematan itu harus dimulai dari diri sendiri.

  6. Ketika binatang terakhir telah diburu
    Ketika pohon terakhir telah ditebang
    Ketika air terakhir telah dicemari
    Ketika itu manusia akan sadar
    Kalau dia tidak bisa makan uang

    http://www.syamsulhadi.co.cc

    • nah betul pak….kadang karena manusia memeiliki uang, ia merasa hidup itu gampang…semua bisa dibeli. padahal kalau air terakhir dah tercemar, gak ada lagi air dimanapun….heheh..keselek tuh minumuang…setuju pak..sy setuju….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: