Oleh: yukez | April 10, 2012

DENYUT NADI


Dalam dunia ke-olahragaan denyut nadi sangat penting diketahui, karena denyut nadi/ denyut jantung menandakan kondisi kesehatan seseorang.

Setiap orang berbeda jumlah denyut nadi nya, hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

1. Kebiasaan aktifitas sehari-hari

2. sikap tubuh saat di ukur denyut nadi nya

3. Suhu/ temperatur udara di seklilingnya

4. Ukuran tubuh

5. Tingat emosi

6. Konsumsi obat saat di ukur.

Cara mengukur Denyut nadi:

Gunakan 2 jari yaitu telunjuk dan jari tengah, atau 3 jari, telunjuk, jari tengah dan jari manis jika kita kesulitan menggunakan 2 jari.

Temukan  daerah yang denyutannya paling keras/ titik nadi, yaitu nadi karotis di cekungan bagian pinggir leher kira-kira 2 cm di kiri/kanan garis tengah leher ( kira-kira 2 cm disamping jakun pada laki-laki ), nadi radialis di pergelangan tangan di sisi ibu jari.

Setelah menemukan denyut nadi, tekan perlahan kemudian hitunglah jumlah denyutannya selama  15 detik, setelah itu kalikan 4,  ini merupakan denyut nadi dalam 1 menit. misalnya selama 15 deti denyut adi kita 20 denyutan, ini berarti 20 x 4 = 80. berarti selama 1 menit denyut nadi kita saat itu 80 bpm ( byte per minute)

Denyut nadi Normal.

pada saat beristirahat atau tidak sedang beraktifitas tinggi seperti bekerja atau sedang berolahraga, denyut nadi normal seperti berikut:

untuk orang dewasa : 60 – 80 kali permenit

untuk anak-anak       : 80 – 100 kali permenit

pada bayi                     : 100 – 140 kali  permenit

denyut yang terlalu tinggi atau rendah bisa menunjukkan adanya masalah kesehatan. terutama jika disertai gejala lain seperti pusing, sesak napas atau sering pingsan. Konsultasikan ke dokter jika denyut Anda secara konsisten di atas 100 bpm/ beats per minute, (tachycardia) atau di bawah 60 bpm (Bradycardia).

Denyut jantung seseorang dipengaruhi oleh usia dan aktivitasnya. Olahraga atau aktivitas fisik dapat meningkatkan jumlah denyut jantung, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan atau di luar batas sehat dapat menimbulkan bahaya. makanya jangan heran kalau dengar ada orang meninggal saat aktifitas olahraga, mungkin kita berpikir ..lha olahraga akan bagus menyehatkan tapi kenapa bisa menyebabkan kematian.. makanya kita mesti tau batas kemampuan maksimal denyut jantung kita saat berolahraga. Bagaimana cara mengetahuai denyut jantung maksimal kita? gampang pake saja rumus ini… ( 220 – umur)

misalnya umur kita 30 tahun, berarti 220 – 30 = 190. 190 adalah denyut jantung maksaimal kita saat berolahraga. gak boleh llebih…. kalau saat berolahraga denyut jantung usia 30 tahu lebih dari 190 bpm wahh bisa jebol tuh jantung…..terkaparlah kita di lapangan….

nah sekarang kita sudah bisa mengyukur denyut jantung / denyut nadi maksimal kita.. coba lakukan pengukuran denyut jantung kita sebelum erolahrag dan saat berolahraga. kalau saat berolahraga denyut kita melebihi DNM( DENYUT JANTUNG MAKSIMAL) SEGERA stop AKTIFITAS OLAHRAGA…LAKUKAN COOLING DOWN atau pedinginan….

catatan: denyut jantung orang yang terlatih olahraga biasanya lebih rendah dari org yang jarag olahraga. org yang rajin berlahraga jika denyut nadinya rendah di bawah normal berarti derajat kesehatannya bagus, jantungnya bakal awet….gak boros kerja tuh jantung.. hehehe ….

About these ads

Responses

  1. Terimakasih infonya sangat membantu menjaga jantung sendiri tanpa ke rumah sakit.

    • Yusnidar : terimakaSIH JUGA SEMOIGA MANFAAT.,

  2. Makasih atas infonya.
    Saya mau bertanya, Kenapa denyut nadi bayi lebih cepat dri pda denyut nadi orng dewasa?
    Terima kasih

    • Indha : Detak jantung bayi dan anak-anak memang lebih cepat ketimbang anak besar dan orang dewasa. Ini karena kebutuhan akan suplai darah lebih tinggi dibandingkan anak besar. Untuk memenuhi kebutuhan suplai darah yang lebih banyak itulah, jantung harus berdetak lebih cepat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 129 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: