Oleh: yukez | Februari 12, 2009

DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP


images2

Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai:

  1. Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.
  2. Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup.
  3. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup, terutama:
    1. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup.
    2. Gabungan dari kondisi sosial and budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup.

Istilah lingkungan dan lingkungan hidup atau lingkungan hidup manusia seringkali digunakan silih berganti dalam pengertian yang sama.

Definisi Lingkungan Hidup Indonesia

Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997[1], lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berWawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

Merujuk pada definisi di atas, maka lingkungan hidup Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara, yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dan cuaca serta musim yang memberikan kondisi alamiah dan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya, tempat bangsa Indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam segala aspeknya.

Secara hukum maka wawasan dalam menyelenggarakan penegakan hukum pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia adalah Wawasan Nusantara.

Al-Quran dan As-Sunnah Tentang Lingkungan Hidup

Pendahuluan
Pendidikan yang baru dan termasuk paling penting pada masa sekarang ialah pendidikan lingkungan. Pendidikan tersebut berkaitan dengan pengetahuan lingkungan di sekitar manusia dan menjaga berbagai unsurnya yang dapat mendatangkan ancaman kehancuran, pencemaran, atau perusakan.

Pendidikan lingkungan telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para sahabatnya. Abu Darda’ ra. pernah menjelaskan bahwa di tempat belajar yang diasuh oleh Rasulullah SAW telah diajarkan tentang pentingnya bercocok tanam dan menanam pepohonan serta pentingnya usaha mengubah tanah yang tandus menjadi kebun yang subur. Perbuatan tersebut akan mendatangkan pahala yang besar di sisi Allah SWT dan bekerja untuk memakmurkan bumi adalah termasuk ibadah kepada Allah SWT.[1]

Pendidikan lingkungan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berdasarkan wahyu, sehingga banyak kita jumpai ayat-ayat ilmiah Al-Qur’an dan As Sunnah yang membahas tentang lingkungan. Pesan-pesan Al-Qur’an mengenai lingkungan sangat jelas dan prospektif. Ada beberapa tentang lingkungan dalam Al-Qur’an, antara lain : lingkungan sebagai suatu sistem, tanggung jawab manusia untuk memelihara lingkungan hidup, larangan merusak lingkungan, sumber daya vital dan problematikanya, peringatan mengenai kerusakan lingkungan hidup yang terjadi karena ulah tangan manusia dan pengelolaan yang mengabaikan petunjuk Allah serta solusi pengelolaan lingkungan[2].

Adapun As-Sunnah lebih banyak menjelaskan lingkungan hidup secara rinci dan detail. Karena Al-Qur’an hanya meletakkan dasar dan prinsipnya secara global, sedangkan As-Sunnah berfungsi menerangkan dan menjelaskannya dalam bentuk hukum-hukum, pengarahan pada hal-hal tertentu dan berbagai penjelasan yang lebih rinci.

“Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. Dan Kami telah menjadikan untukmu di bumi keperluan-keperluan hidup, dan (Kami menciptakannya pula) makhluk-makhluk yang kamu sekali-kali bukan pemberi rezeki kepadanya.” (QS. 15 : 19-20)

About these ads

Responses

  1. sudah saya link diblog saya kak…blognya juga oke banget,banyak manfaatnyah.

    • oke makasih ya. mudah2an silaturahim kita ada faedahnya…aamiin…

  2. dalam memberikan penjelasan tentang definisi lingkungan saya harap penjelasanya lebih detail agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

    • to: Eka
      terimakasih atas masukannya…akan sy perhatikan…

  3. tolong kirimin artikel tentang pemahan pengetahuan lingkungan

    • artikel tsb sy tidajk punya..nohon maaf….

      • artikelnya cukup bagus untuk referensi

  4. MOHON PENJELASAN TENTANG MATERI:
    1. PENJELASAN NILAI-NIALI BUDAYA YANG ADA DI LINGKUNGAN JAWA BARAT
    2. MEMELIHARA PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA JAWA BARAT
    3. MEMELIHARA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA YANG ADA DI LINGKUNGAN JAWA BARAT
    4. MENGELOMPOKKAN JENIS-JENIS BENCANA ALAM
    5. ETIKA MELAKUKAN PENYELAMATAN BENCANA ALAM TERJADI SESUAI PETUNJUK MENGGUNAKAN IPTEK DALAM KEHIDUPAN
    6. MENERIMA PERKEMBANGAN IPTEK DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP
    7. BAGAIMANA CARA MEMECAHKAN DAMPAK NEGATIF YANG TIMBUL DARI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM KEHIDUPAN
    8. MENIRU PERKEMBANGAN IPTEK DARI DAERAH YANG SUDAH MAJU
    9. MENYUSUN ATAU MERANCANG TEKNOLOGI SEDERHANA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN

  5. sangat bermanfaat bgt…
    tapi ada ga tentang jenis iptek dalam pengelolaan linkungan hidup

    • to Mbak Lisna :
      wah Jenis IPTEK dalam pengelolaan Lingkungan hidup sudah banyak sekali, satu contoh dalam hal pengelolaan sampah. Sampah sekarang dikelola menjadi kompos melalui IPTEK. bukankah metode kompos takakura, metode kompos cair dan lainnya itu merupakan pengelolaan lingkungan hidup melalui IPTEK juga? satu contoh lagi. LRB (lubang Resapan Biopori juga merupakan contoh produk IPTEK dalam hal penagnanan lingkungan hidup.

  6. coba di perbanyak gambar2 yang berkaitan dengan lingkungan…

    • ok..terimakasih. atas masukannya. kira-kira gambar apa saja ya….mas….!!!

  7. Pak. saya guru SD di kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat, kami di sini belum mengajarkan PLH untuk anak SD. saya mau mencoba memadukan PLH dengan mata pelajaran lain yang terkait (integral),kami mohon bantuan dan informasinya. terima kasih. untuk gambar selain pemandangan yg indah masukan juga pak, gambar pencemaran sampah, sungai, rumah padat pinggiran sungai hutan gundul dll. terima kasih pak, salam kenal

    • to pak asep Romdhon
      wah bagus itu pak. bapak banyak -banyak aja byuka internet yang berkaitan dengan lingkungan hidup insya Allah membantu. kalau p[ak asep ingij lebih spesifik tentang informasi PLH sy akan bantu pak. terimakasih.

  8. Pak. kami di sini belum mengajarkan PLH untuk anak SD. saya mau mencoba memadukan PLH dengan mata pelajaran lain yang terkait (integral),kami mohon bantuan dan informasinya. terima kasih. untuk gambar selain pemandangan yg indah masukan juga pak, gambar pencemaran sampah, sungai, rumah padat pinggiran sungai hutan gundul dll. terima kasih pak, salam kenal

  9. Terima kasih atas definisinya

    • to: Tanpa nama
      sama sama ..mdh2an bermanfaat..

  10. pak bisa ngak kasi tau kasus-kasus lingkunag hidup yang terjadi di indonesia menurut versi bapak????makasih wassalam

    • To : mr. Prab
      Kasus kerusakan lingkungan sangat banyak, mulai dari hal yg kecil sampai keruskan besar. contoh salahs satu kasus keruskan lingkungan adalah, perubahan alih fungsi lahan, dari tadinya lahan hutan menjadi lahan perkebunan, jelas dengan alih fungsi hutan tersebut terjadi kerusakan ekosisitem. banyak jenis tumbuhan dan hewan punah seketika, hal ini mengakibatkan terjadinya ketimpangan ekologi.

  11. lingkungan sangat baik dalam hidup dan lingkungan sekitar kita harus bersih , tetapi di indonesia ini lingungan sangat tidak baik ,oleh sebab itu pemerintah indonesia harus membuat suatu uu supaya masyarakat harus mandiri dalam menjaga lingkungan

    • To : pak Rendows
      Sebenarnya pe,merintah telah berupaya maksimal untuk menata , memelihara dan membuat aturan agar lingkungan hidup tetap lestari, entah mengapa kerusakan malah semakin merajalela. ini semua di sebabkan karena aparat penegak hukumnya pun ikut menjadui mafia kerusakan lingkungan. contoh,, di kalimatanan di perbatasan Indonesia-malaysia, polisi menjadi cukong penjualan kayu ilegal. bagaimana ini…????

  12. Mas Ukas, Salam kenal, saya salut atas dedikasi anda mengajar di bidang pendidikan lingkungan, semoga anak murid anda kelak dapat memahami lingkungan dengan benar, kerena lingkungan hidup saat ini akan kita wariskan kepada mereka semua.

    • Bpk Trianggoro….salam kenal juga, terimakasih pak atas dukungan bpk. Amin. mudah-mudahan ya pak generasi penerus kita bisa menjaga lingkungan INi agar senantiasa Lestari.

  13. mas tolong dong dilengkapi juga definisi lingkungan hidup dari para ahli ..
    beserta sumbernya gitu ..
    thx b4 :)

  14. bagus ^^ lumayan buat tugas2 dari PLH di sekolah (anak sekolahan)
    tapi masih kurang lengkap,tapi gpp lah

    • hehehe..oke deh kalau bermanfaat ..terimakasih sudah mampir ke blog saya…

  15. mbak q yg cakep g mana mengatasi lingkungan yg kumuh supaya bersih

    • i’am :
      sebentar,,,,ada yang salah nih….pertama: sy bukan mbak….hehehehe….tapi akang…ok.
      yang kedua : lingkungan yang kumuh tidak bisa diatasi sendiri. harus perlu niat baik dan semngat tinggi dari semua komponen penghuni lingkungan itu berada, cobalah buat master plan sederhana kira-kira lingkungan tersebut harus dirapihkanseperti apa, jangan lupa untuk menvcari inspirasi sebagai bahan perbandingan dengan lingkungan di tempat lain.
      terakhir buatlah lingkungan anda menjadi hijau dengan cara menanam tanaman hias .
      sekali lagi perlu komitmen dari semua pihak!

  16. [...] The busiest day of the year was October 25th with 519 views. The most popular post that day was DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP. [...]

  17. mas apa perbedaan pengetahuan lingkungan dan ilmu lingkungan menurut pendapat anda???dan ada 2 fktor penyebab kerusakkan lingkungan
    1.pertumbuhaan penduduk yg tidak terbatas sedangakan daya dukung alam terbatas u/memenuhi kebutuhan hdp manusia dan menampung hasil metabolismeya.
    2.perkembangan iptek u/ memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin tak terkendali dan sikap manusia yang ingin menguasai lingkungan.
    mas tlng jelaskn menurut pendapat mas fktor penyebab kerusakan lingkungan tsb

    • to : retno
      Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan ini terjadi melalui panca indera manusia, yaitu indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagaian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuknya perilaku seseorang (Notoatmodjo 2003).
      Jadi kalau menurut saya. Pengetahuan lingkungan adalah hasil dari mempelajari dengan melibatkan panca indera mengani hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan atau pengetahuan lingkungan.
      Sedangkan ilmu lingkungan adalah ilmu yang mempelajari tentang lingkungan hidup. Jadi dari mempelajari ilmu lingkungan akan diperoleh pengethuan lingkungan.

      Faktor penyebab kerusakan lingkungan antara lain (a) pertambahan penduduk yang pesat, menyebabkan tekanan yang sangat berat terhadap pemanfaatan keanekaragaman hayati.
      (b) perkembangan teknologi yang pesat, sehingga kemampuan orang untuk mengeksploitasi
      keanekaragaman hayati secara berlebihan semakin mudah dilakukan, (c) eksploitasi keanekaragaman hayati secara berlebihan, (d) kebijakan dan pengelolaan
      keanekaragaman hayati yang sangat sentralistik dan bersifat kapitalis (e) berubahnya sistem nilai budaya masyarakat dalam memperlakukan keanekaragaman hayati sekitarnya.

      Demikian kurag lebihnya…thanks..

      • apik

  18. [...] : http://yukez.wordpress.com/2009/02/12/definisi-lingkungan-hidup/ This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. ← RESENSI FILM THE SOCIAL [...]

  19. [...] DEFINISI LINGKUNGAN HIDUP [...]

  20. bisa minta artikelnya tentang makhluk hidup y???? klu ada, tlg d kirim d email saya d zahrulm@yahoo.com and makasih y??? atas bantuan.a

  21. Reblogged this on Our World's and commented:
    Very Interest

  22. makasi yach atas informasinya :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 122 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: